Opini

Darurat Pemuda !

Bangsa Yang Besar Ini Memiliki Potensi Yang Luar Biasa Untuk Menguasai Dunia, Begitulah Sekilas Cita Cita Para Tokoh Bangsa Terdahulu Untuk Memberikan Harapan Pada Generasi Selanjutnya. Seiring Waktu Yang Terus Berjalan Dengan  Diikuti Perkembangan Teknologi Yang Sangat Luar Biasa Sehingga Membuat Generasi Muda Bangsa Ini Ter Gesa Gesa Untuk Bisa Mengimbangi Perkembangan Itu. Bila Kita Tahu Bahwa Teknologi Adalah Cara Untuk Mempermudah Kinerja Dalam Kehidupan Sehari Hari , Maka Sudah Seharusnya Bangsa Ini Dengan Mudah Bisa Mengarungi Dunia Dengan Mengandalkan Teknologi Sebagai Instrument Untuk Berlabuh. Tapi Apakah Kini Bangsa Ini Bisa Dikatakan Besar , Kuat Dan Maju ? Mari Kita Ulas Kondisi Bangsa Kini.

Jika Bangsa Ini Mau Bergerak Kedepan Dengan Memanfaatkan Instrument Yang Ada Sat Ini , Maka Kita Harus Mengatahui Komponen Apa Saja Yang Bisa Memberikan Pengaruh Terhadap Geraknya Bangsa Ini , Tentu Kita Harus Melihat Kebelakang Terlebih Dahulu Agar Tak Tersesat Di Kemudian Hari. Kita Tahu Dahulu Bangsa Ini Merdeka Dikarnakan Pengaruh Eksponen Pemuda Pemuda Yang Memiliki Kapasitas Luar Biasa , Memanfaatkan Momentum Untuk Mendeklarasikan Kemerdekaan Bangsa Ini. Kenapa Harus Pemuda Yang Mengdeklarasikan Kemerdekaan? Dan Kok Bisa Pemuda Yang Mendeklarasikan Kemerdekaan? , Kenapa Pemuda, Karna Pemuda Dianggap Sebagai Sebuah Peluru Dalam Dunia Perperangan, Bergerak Dengan Cepat , Sangat Tajam Dan Menghadap Lurus Kedepan. Tahun 1940an Bisa Dikatakan Bangsa Ini Mengalami  Puncak Bonus Demografi Yang Bisa Di Maksimalkan Oleh Eksponen Pemuda Pada Saat Itu. Yang Mana Menghasilkan Rumusan Kemerdekaan Yang Di Butuhkan Oleh Bangsa Ini, Sehingga Kita Bisa Merasakan Nikmat Yang Diperjuangkan Oleh Pendahulu Kita.  Kini Tugas Kita Sebagai Generasi Yang Memiliki Tanggung Jawab Untuk Membawa Kemerdekaan Itu Masuk Dan Dirasakan Oleh Seluruh Penjuru Dunia. Untuk Saat Ini Kita Akan Berperang Melawan Pemikiran Pemikiran Baik Dari Barat Maupun Timur , Maka Kita Tahu Bahwa Strategi Yang Ampuh Dalam Mengikuti Perang Ini Adalah Memasang Pemuda Sebagai Garda Terdepan Dalam Menjalankan Tanggung Jawab Untuk Membawa Kemerdekaan Ini Agar Dapat Dirasakan Oleh Penjuru Dunia.

Dalam Hal Ini Di Dibutuhkan Wadah Untuk Melatih Dan Mempersiapkan Pemuda Pemuda Selanjutnya , Bangsa Ini Memiliki Eksponen Pemuda Salah Satunya Yakni  Bernama Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah  Biasa Di Kenal Dengan Sebutan (Imm) Yang Mana Merupakan Salah Satu Organisasi Otonom Dari Muhammadiyah. Dalam Perjalannya Dari 1964 Berdiri , Banyak Pengaruh Besar Yang Diberikan Oleh Imm Dalam Hal Melahirkan Pemuda Yang Memiliki Kualitas Yang Baik Dan Teruji.  Kita Lihat Beberapa Tokoh Bangsa  Seperti ,Dzasman Al Kindi, Amien Rais, Rosyad Saleh , Mansyur Suryanegara , Din Syamsudin , Dll , Ini Merupakan Bukti Bahwa Imm Merupakan Wadah Yang Baik Dan Berkualitas Tinggi Sehingga Menjadi Pilihan Utama Bagi Para Pemuda Yang Ingin Menjadi Bagian Dari Perjuangan Bangsa Ini. Imm Dikenal Dengan Keutamaan Dalam Religiusitas , Intelektualitas  Dan Humanitas, Yang Mana Ketiga Komptensi Ini Jika Di Pahami Dengan Dalam Akan Memberikan Amunisi Yang Luar Biasa Bagi Pemuda Untuk Menghadapi Dan Menjalan Kan Peran Nya Dalam Bangsa Yang Besar Ini. Hal Pertama Yang Dibutuhkan Yakni Religiusitas Yang Mana Nilai Keyakinan Tauhid , Ibadah , Akhlak Dan Amaliyah Dasar Utama Dalam Menjadi Manusia Yang Berkualitas, Kedua Intelektual Yang Menjadi Pengetahuan Mengenai Bagaimana Setiap Manusia Dapat Menganalisa Dengan Tajam Dan Memberikan Solusi Kongkrit Dalam Setiap Problematika Kehidupan Bangsa Ini, Ketiga Humanitas Pendalaman Social Yang Dibutuhkan Untuk Memahami Setiap Karakteristik Bermasyarakat Di Bangsa Ini, Karna Kita Tahu Bahwa Bangsa Ini Merupakan Persatuan Dari Berbagai Macam Suku, Bahasa, Ras, Agama Maka Dibutuhkan Keahlian Dalam Segi Berkomunikasi Dengan Berbagai Macam Budaya Yang Ada Di Bangsa Ini , Supaya Kita Dapat Meyampaikan Dengan Baik Apa Yang Menjadi Perhatian Kita , Sesuai Dengan Karakter Yang Dimiliki Oleh Bangsa Ini.

Saat Ini Teknologi Merupakan Instrument Yang Sangat Berpengaruh Terhadap Kehidupan Suatu Bangsa, Bahkan Ada Yang Menjadikan Teknologi Sebagai Alat Untuk Menghancurkan Karakter Dari Suatu Bangsa. Jika Kita Pemuda Pemuda Sudah Memiliki Kompentensi Yang Di Ajarkan Oleh Imm  , Maka Teknologi Dapat Kita Maksimalkan Sebagai Instrument Untuk Membawa Bangsa Ini Mengarungi Dunia. Terkadang Dalam Dunia Perang , Musuh Bisa Kita Jadikan Sebagai Guru Untuk Mengalahkan Musuh Itu Sendiri.  Imm Dirasa Sangat Bisa Menjadi Kendaraan Bagi Pemuda Untuk  Mengawal Setiap Era Yang Akan Dilalui Kedepannya.

Dengan Modal Kompetensi  Kita Dapat Memberikan Pengaruh Kepada Bangsa Ini Dan Bahkan Dunia, Setiap Era Ada Orangnya , Dan Setiap Orang Memiliki Eranya. Semoga Dengan Memahami Kelemahan Kita Saat Ini Kita Bisa Memberikan Kekuatan Baru Untuk Pemuda Pemuda Yang Ingin Menjadi Bagian Dari Bangsa Yang Besar Ini, Jika Pemuda Pemuda Nya Kuat Maka Bangsa Ini Pun Akan Kuat. Anggun Dalam Moral Unggul Dalam Intelektual Merupakan Gaya Hidup Yang Akan Terus Di Bawa Oleh Pemuda Pemuda Yang Kuat.

Billahifisabililhaq Fastabikhul Khoirot 

Penulis : Faisal Amien Prawira (bagian dari Indonesia)

Tinggalkan Balasan