Kabar Cabang Opini

DISKUSWATI BEDAH AYANA MOON DAN HALIMAH YACOB

Muslimah hijrah pada zaman dahulu dengan zaman sekarang memiliki perbedaan. Kata hijrah buming di indonesia pada tahun 2013 san yang sebelumnya orang lain belum mengenal maksud hijrah ini. Orang hijrah akan tampat terlihat pada wanita karena perubahan yang sangat draktis di mulai dari cara berpakaian yang sebelumnya auratnya tampak terlihat kemana mana karena berpakaian terbuka namun ketika hijrah berpakaian menutup aurat. Beda hal nya dengan laki-laki yang hijrah tetap berpakaian seperti begitu tidak terlalu mencolok.

Contoh seseuai tema yaitu sosok ayana moon yang berhijrah dengan mengubah penampilan dan berani menggunakan hijab. Sebelumnya Ayana Moon merupakan orang yang membenci Islam. Namun, dia itu memiliki rasa penasaran yang tinggi sehingga di selalu bertanya soal Islam kepada pamannya dan mencari sendiri tentang Islam dan ajarannya. Setelah itu dia mempelajari Islam dan memeluk Agama Islam serta langsung menggunakan hijab meskipun orantuanya khawatir terutama mamahnya kalau Ayana Moon menggunakan hijab nanti tidak bisa mendapat pekerjaan di korea.

Anak-anak di Korea ketika ditanya soal cita-cita mereka lebih memilih sebagai artis, model atau penyanyi girl band atau boy band dikarenakan lebih mudah mendapat uang sehingga profesi yang lain seperti dokter, guru, insinyur kurang diminati. Nah, makannya kenapa film-film atau drama pasti membahas mengenai profesi yaitu untuk manarik minat anak-anak Korea. Hijrahnya Ayana Moon membuat rame para netizen sedunia khususnya netizen indonesia yang sangat semangat mendengar kabar ini bahkan ada salah satu netizen melamar Ayana Moon dengan cara memberikan CVnya kepada Ayana Moon.

Setelah ayana Moon beragama Islam pada tahun 2012 itu memutuskan untuk melanjutkan kuliahnya di Malaysia dengan mengambil jurusan komunikasi serta tinggal di sana dikarena mayoritas penduduknya muslim dan tidak sulit menemukan makanan halal.

Hijrah di zaman sekarang sangat ramai di perbincangkan ditambah lagi dengan munculnya para artis yang berhijab seperti kartika dan lain-lain ditambah lagi dengan maraknya kajian-kajian mengenai keislaman. Namun menanggapi orang yang berhijrah kadang mereka lebih merasa bahwa mereka lebih baik dari teman temannya sehingga menjadi salah kaprah di tambah juga yang mengikuti kajian yang mencerna materinya tanpa ditabayunkan dulu sehingga hijrahnya mengarah kepada ajaran yang lebih radikal.

Menanggapi Halimah Yacob dari profilnya merupakan presiden Singapura yang bersuku melayu dan beragama Islam. Halimah Yacop dikenal sebagai orang gigih dan pekerja keras karena setelah ditinggal pergi oleh ayahnya dia membantu ibunya untuk berjualan nasi padang namun tetap berprestasi di sekolahnya sehingga dia masuk ke sekolah-sekolah unggulan yang mana sekolah unggulan itu banyak etnis cina yang bersekolah. Kaliernya dimulai dengan mengikuti organisasi ke mahasiswaan, organisasi masyarakat dan organisasi lainnya. Sehingga, dia bisa bergabung dipartai politik dan menjadi ketua DPR Singapura. Ketika menyalonkan menjadi presiden hanya dialah yang lulus kualifikasi ketiga kadidatnya tidak lulus kualifikasi. Maka, akhirnya Halimah Yacub sebagai calon tunggal dan tidak diadakan pesta pemilihan. Meskipun banyak penolakan-penolakan yang dilakukan oleh etnis Cina. Di era sekarang perempuan yang menjadi presiden hanyalah halimah yacob dikarenakan jarang sekali perempuan bisa menjadi pemimpin negara.   Pertanyaan dan Jawaban

Menanggapi hijrah pada zaman sekarang banyak sekali kajian yang biasa membuat orang orang berhijrah menjadi lebih baik. Namun ada orang yang beranggapan aku akan hijrah mudah-mudahan dapat jodoh yang baik karena lelaki yang baik buat perempuan yang baik dan sebaliknya. Yang menjadi pertanyaan : Mengapa hijrah sekarang dikaitkan dengan perjodohan? Dan Apa asbabul Nuzulnya ayat yang menjelaskan lelaki yang baik untuk perempuan yang baik dan sebaliknya ? padahal kita tahu Asiyah memiliki suami yang kaya Fir’aun.

Tanpa dipukiri emang ada kajian yang menyuruh siapkan CV terbaikmu. Ada teman saya yang selalu mengikuti kajian dan mengumpulkan CV dalam masa ta’arufnya 10 hari langsung menikah. Awalnya dia mengumpulkan CV lalu sama orang yang menjodohkan dituker dan ditawarkan pada pihak laki-laki untuk memilih biasanya memilihnya karena kesamaan visi misinya sehingga terjadinya penikahan. Namun,  sebaiknya hijrah itu bukan karena menharapkan mengenai jodoh yang baik tapi mengharapkan pahala dari Allah. Sebagai manusia jangan terlalu khawatir dengan jodoh pasti semua manusia akan menikah kalau nggak menikah paling meninggal. Menanggapi Asiyah kenapa Asiyah mendapatkan suami seperti Fir’aun karena itu menjadi cobaan buat Asiyah apakah Asiyah sabar menghadapinya atau tidak. Tapi buktinya Asiyah sabar menhadapinya sehingga Asiyah dibangunkan rumah di surga  oleh Allah.

Pada diskusi ini dapat disimpulkan bahwa dari dua pigur yaitu Ayana Moon dan Halimah Yakob adalah dua orang memotivasi muslimah-muslimah lain. Ayana Moon dengan memakai hijabnya dan berpindah agama di negara mayoritas non-muslim dia tidak takut akan kaliernya. Kemudian Halimah Yacob yang gigih dan bekerja keras sehingga bisa menjadi presiden Singapur mengalahkan kadidat lainnya. Namun kita belum bisa menilai mengenai Halimah Yacob menjaddi presiden karena masih terbilang baru menjadi presidentnya, paling kita lihat kedepannya gimana.

Tinggalkan Balasan