Berita Persyarikatan Kabar Komisariat Opini

IMM PIAUD LESTARIKAN SEKALIGUS MENGENALKAN PERMAINAN TRADISIONAL ANAK-ANAK

Bandung, Sabtu (15/9/2018) Himpunan Mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini STAIM Bandung atau yang lebih dikenal Pimpinan Komisariat Pendidikan Islam Anak usia Dini (PIAUD) menyelenggarakan kegiatan “Festival Kaulinan Barudak” yang mana kegiatan ini bekerjasama dengan  RA Se-kota Bandung. Kegiatan ini dilaksanakan di Kampus STAI Muhammadiyah Bandung sekaligus sebagai perayaan Milad STAI Muhammadiyah Bandung yang ke-33.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan kepada anak-anak usia dini mengenai pemainan-permainan tradisional. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk tetap melestarikan permainan zaman dulu yang sudah jarang kita temui, baik di pedesaaan maupun kota-kota besar.

Festival kaulinan ini termotivasi dari hal-hal yang sering kali anak-anak kecil lakukan terhadap gadget seperti permainan yang menyita waktu seharian tanpa adanya kontak dengan teman. Dengan adanya kaulinan barudak ini, diharapkan anak-anak dapat bermain sekaligus berinteraksi dengan teman sebayanya. Ujar eka sukaesih.

Eka Sukaesih selaku ketua pelaksana mengatakan “Hal ini dilakukan untuk mengenalkan kepada anak-anak usia dini bentuk real permainan tradisional, misalnya congklak, sapintrong, enggrang dan lain sebagainya”.

Bapak Dr. Hendar Riyadi, M.Ag selaku ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Bandung dalam sambutannya sangat mengapreiasi kegiatan ini. “bahwa anak harus kembali kepada fitrahnya” dengan adanya kegiatan kaulinan barudak ini sekaligus sosialisai anak terhadap masyarakat, terhadap teman-temannya dan itu adalah karakter, watak atau fitrah yang harus ditumbuhkan pada diri anak. Ujarnya.

Permainan ini yang disuguhkan dalam acara ini yaitu pepeletokan leunca, tetembakan, sapintrong, enggrang, congklak, momobilan, dan gangsing. Selain menyuguhkan permainan-permainan tradisional, acara ini juga diisi dengan berbagai macam perlomban seperti fashion show dari bahan daur ulang, tahfidz al-qur’an, mewarnai, tari tradisional dan juga lomba menghias nasi tumpeng.

Aksi Anak PAUD dalam pentas seni
Tokoh yang mencoba melestarikan Permainan Tradisional Khususnya di kota Bandung
Photo Anak-anak sedang mencoba permainan tembak-tembakan yang terbuat dari bambu

Tinggalkan Balasan