Opini

Kepada Mahasiswa Baru

Oleh: Ali Ahmad Alfarisy

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Salam Juang!

Selamat datang Mahasiswa baru. Selamat menjadi seorang Maha di atas status Siswamu.

Perlu kalian ketahui, diantara sekian puluh juta orang Indonesia yang menikmati bangku SD, SMP, maupun SMA, hanya sekian puluh ribu yang dapat melanjutkan pendidikannya ke jenjang Perguruan Tinggi. Dan selamat, kalian salah satunya. Kalian adalah satu dari sekian puluh ribu orang tersebut. Kalian adalah salah satu yang diberi kesempatan untuk mengeruk sumur ilmu pengetahuan sedalam-dalamnya.

Maka jangan sia-siakan kesempatan itu, bacalah buku sebanyak-banyaknya, kembangkan diri kalian lewat Organisasi, asah idealisme kalian, perbanyak diskusi agar otakmu lebih lincah dari mulutmu. Jangan terlalu asik dengan smartphone kalian yang kameranya canggih itu, kurangi berpose, perbanyak bersikap. dan jangan pula kalian tergoda dengan mereka yang sering membuat acara tapi apatis terhadap persoalan Bangsa, sebab kalian MAHASISWA, bukan EO acara, tugas kalian adalah mencari solusi untuk Bangsa, bukan menjadi panitia acara.

Untuk Mahasiswa baru,

Jadilah mahasiswa yang berani melawan arus, sering-seringlah ikut aksi sambil memikirkan solusi untuk Negeri, jangan terlalu mendewakan Nilai dan IPK, dan jangan pula menjadi mahasiswa Kupu-Kupu (Kuliah-Pulang-Kuliah-Pulang) karena bukan Mahasiswa seperti itu yang akan dicatat dalam sejarah.

Jangan pisahkan diri kalian dengan para Petani, Buruh, Nelayan dan Rakyat miskin kota, sebab kalian adalah Penyambung Lidahh Rakyat, maka jangan pernah pisahkan diri kalian dengan Rakyat.

Untuk mahasiswa baru.

Jangan jadikan kampus sebagai penjara bagi pemikiran kalian, pergilah ke kampus lain lalu ajak mahasiswanya diskusi, tak peduli Kampus itu besar atau kecil, Negeri atau Swasta, pemikiran kalian akan selalu lebih besar dan luas dari Kampus kalian.

Kalian adalah calon sarjana , calon pemimpin masa depan, tugas kalian bukan untuk menghitung keuntungan Perusahaan milik Borjuis, bukan pula untuk me-manage pabrik-pabrik Kapitalis, tugas kalian adalah berbeda, yaitu untuk bersatu dengan Buruh, Petani, dan Rakyat miskin Kota untuk menghancurkan sistem yang menindas ini!

Billahi fi sabililhaq, Fastabiqul Khairat

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Tinggalkan Balasan